Rabu, 01 Agustus 2012

TUGAS OPERATOR MCR (Master Control Room)

            Secara umum, tugas dari seorang operator penyiaran (biasa disebut Crew Master Control atau MC) adalah menayangkan program yang telah tersusun serta menjaga kelancaran dari program siaran secara kualitatif. Artinya, sekelompok personel MC bertanggungjawab dalam hal kelancaran jalannya program tayang serta menjaga kualitas penayangan gambar maupun audio, baik pada acara yang recorded maupun live. Dikatakan ‘sekelompok’ karena dalam melaksanakan tugasnya, MC harus bekerja secara tim di masing-masing posisi. Posisi yang dimaksud adalah bahwa tiap-tiap personel menangani alat yang berbeda, sehingga dibagi-bagi berdasarkan alat yang dioperasikannya. Posisi tersebut antara lain Audioman, Switcher, Server Operator, Teleprompter, VTR Operator, CG Operator dll.Berikut penjelasan mengenai beberapa posisi tersebut
  •    Audioman, bertugas mengatur kualitas output audio pada program tayang. Alat yang dioperasikannya adalah audio mixer, media player(bisa berupa CD audio player, Tape recorder, dsb.), maupun komputer audio. Pada acara live, audioman juga bertanggungjawab untuk memastikan alat-alat tambahan/penunjang audio (seperti microphone, speaker studio, amplifier, hybrid phone-line dsb.) bisa berfungsi dengan baik.
  • Switcher Operator, mengoperasikan alat yang namanya AV mixer atau lebih sering disebut switcher. Dengan alat tersebut, seorang operator switcher dapat memindah-mindah (switching) gambar dari berbagai video input channel, mengubah efek transisi/perpindahan, mengatur warna, kontras, ketajaman, kecerahan, ataupun memanipulasi format penayangan gambar.

  • Server Operator, secara umum operator server bertugas menyusun program tayang (termasuk di dalamnya iklan, promo, bumper, still, dsb.) pada komputer sesuai dengan rundown yang ada.

  • CG Operator, mengoperasikan software CG (Character Generator) pada komputer untuk menampilkan CG atau efek grafis pada program tayang. Efek grafis tersebut biasanya berupa block title (misalnya berupa tampilan grafis untuk nama presenter, tema acara, nama penelepon, judul berita, judul/keterangan lagu, dsb.), logo (logo stasiun tv, logo program, logo siaran langsung/ulang ),credit title/kerabat kerja, dsb.
  • Teleprompter, bertugas mengoperasikan komputer teleprompter, yaitu komputer yang tersambung dengan kamera prompter di studio yang dapat menampilkan baris teks yang akan dibaca oleh presenter/host/newscaster.
  •  
  • VTR operator, bertugas merekam, mencatat rekaman, meng-capture, dan meng-copy materi program tayang. VTR (Video Tape Recorder) player adalah pemutar kaset untuk video. Format kaset yang umum antara lain Betacam dan MiniDV. 
  •  
 


2 komentar:

  1. wah beda... klo ini namanya control room bukan master control room. klo mcr itu di bagi dua oap dan toc.. oap yang bertanggung jawab atas siaran di televisi sedangkan toc yang bertanggung jawab atas alat-alat mcr.. kurang lebihnya seperti itu heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak kalau btugas pdu apa saja sih ?? Enak mana sama vtr dan playhut

      Hapus