Kamis, 16 Agustus 2012

ROSIANA SILALAHI LENGSER DARI PAMRED LIPUTAN6,BAYU MUNDUR

Nova dan Bayu, Presenter SCTV
Jakarta Pergantian pimpinan di redaksi Liputan6 SCTV masih terjadi. Setelah Rosianna Silalahi lengser dari jabatan Pemimpin Redaksi (Pemred), pentolan Liputan6 lainnya, termasuk Bayu Sutiyono juga mundur. Sejumlah orang dimutasi.

Rosianna telah dimutasi dari Pemred sejak pekan lalu dan dijadikan penasihat Presiden Direktur. Sedangkan jabatan Pemred disandang langsung oleh Fofo Suriaatmadja, Presiden Direktur.

Setelah mutasi terhadap Rosianna, rupanya sejumlah awak Liputan6 tetap melakukan reaksi. Bahkan, disebut-sebut ada Tim 9 yang menolak Don Bosco Selamun yang masuk kembalike SCTV. Puncaknya, sejumlah wartawan senior dan produser mundur, termasuk Bayu Sutiyono.

Salah seorang wartawan di Liputan 6 membenarkan bahwa Bayu telah mengundurkan diri mulai siang ini, Selasa (17/2/2009). Begitu juga presenter Nova Rini. Padahal, pada Selasa pagi, Bayu dan Nova masih terlihat bertugas sebagai presenter. Sejumlah wartawan yang dekat dengan Rosi juga dimutasi.

Humas SCTV Budi Darmawan membenarkan bahwa Rosianna Silalahi tak lagi menjadi pemimpin redaksi Liputan 6 SCTV. "Per Kamis (12/2/2009) lalu, Pak Fofo menjadi Ketua Dewan Redaksi, sedangkan Mbak Rosi menjadi advisor," ujar Budi Darmawan saat dihubungi detikcom, Selasa (17/2/2009).

Fungsi Ketua Dewan Redaksi, imbuh dia, sama seperti pemimpin redaksi yang sehari-hari mengawasi dan bertanggung jawab terhadap pemberitaan. Namun demikian posisi pemred tetap ada.

Saat ditanya apakah Rosianna menyatakan mundur setelah dimutasi, Budi Darmawan membantahnya. "Sampai sekarang (Rosi) masih tetap menjadi advisor"," kata dia.

Sedangkan Don Bosco Selamun yang kabarnya santer akan dijadikan pemred menggantikan Rosianna Silalahi, Budi membantahnya. "Don Bosco menjadi group head news center di SCTV. Karena kita dalam upaya pengembangan kelompok SCTV ke depan. Selain Liputan 6 yang sekarang, kita ada news channel 24 jam. Kita kembangkan ke situ news channel," imbuh dia.

Mengenai mundurnya sejumlah wartawan senior dan presenter di SCTV termasuk Bayu Sutiyono dan Nova Rini, Budi mengaku tidak tahu sejauh itu. "Saya tidak mengetahui sejauh itu," ungkap Budi. Saat ditanya apakah memang ada kelompok yang menolak Don Bosco, Budi juga tidak mengetahuinya.

Don Bosco sebenarnya merupakan jurnalis yang sudah malang melintang di dunia pertelevisian. Dia cukup lama di SCTV dan pernah menjabat Wakil Pemimpin Redaksi SCTV. Namun, kemudian dia pindah ke Metro TV dan didapuk menjadi Pemimpin Redaksi. Pada 2007, Don Bosco terpilih sebagai anggota KPI periode 2007-2010 dan keluar dari Metro TV. (nwk/asy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar